Resep Jus Wortel dan memanfaatkan ampasnya

Biillahirrahmanirrahiim..

Salam blogger… akhir-akhir ini saya lagi belajar menerapkan hidup sehat dan belajar tips-tips makan makanan sehat dari produk Allah. Produk alami dari dr. Zaidul akbar melalui tulisa-tulisannya di instagram cari aja @zaidulakbar. Apalagi nih yah buat kita sebagai istri yang insyaAllah jadi ibu *akusih😆. Pastinya harus memastikan keluarga kita terpenuhi asupan gizinya dan menjaga kesehatan mereka. Hal itu tentunya bisa kita peroleh dari makanan yang sehat.

Kali ini saya akan berbagi resep jus wortel dan bagaimana memanfaatkan ampasnya.

Sebagian dari teman-teman tentunya ada yang favoritin nih dengan jus wortel, namun tak banyak juga diantara kita kalau di sebut jus wortel akan merasa tidak enak duluan padahal manfaat wortel bagus bangeet untuk kesehatan terutama untuk mata (indra penglihatan).. ya kan.. termasuk saya juga seperti itu. Tapi sekarang tidak lagi. Malahan jadi terbayang rasa segeeernya 😋🤓. Ini nih resepnya.

Jus wortel kombinasi jeruk peras (untuk 1 gelas)

1 buah wortel pilih yang muda

1 buah jeruk manis

200 ml air mineral

2 sdm madu (pengganti gula pasir).

Cara membuat:

Bersihkan wortel dari kulitnya yang kotor jadi tidak perlu di kupas kemudian cuci bersih, potong-potong kemudian di blender dengan air terntunya. Saring (simpan ampasnya)

Tambahkan perasan jeruk dalam hasil saringan dan masukkan madu di aduk. Bisa deh di nikmatin. Yang mau lebih seger lagi bisa ditambahkan es batu. Di jamin rasanya enaaak banget, insyaAllah.

Terus ampasnya. Pemanfaatan ampas wortel itu banyak banget teman. Kalian bisa mencampurkan kedalam adonan bakwan/perkedel/kaldu sayur sup. Bisa juga nih dijadikan Masker wajah, jadi gak usah beli masker dengan sejuta bahan kimia lagi nih.. caranya bagaimana?

Tambahkan 1 sdm madu dan 1 sdm minyak zaitun kedalam ampas jus wortel tadi. Kalau punya salah satunya bisa juga. Pastinya, insyaAllah ini manfaat bangeet buat muka kita loh.

Yuk cus di praktekkan..

Selamat mencoba selamat belajar hidup sehat. Manfaatkan produk Allah yang sudah disediakan di alam yah….

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba dalam kebaikan

Iklan

Bubur Barobbo’ (Makanan khas Sulawesi Selatan)

Assalamualaikum wr. Wb. Happy day.

Ini pertama kali saya mau berbagi resep buat kalian nih, resep spesial bagi saya soalnya ini makanan khas di daerah saya MAKASSAR. Tentunya enak, bergizi dan bikin ketagihan deh. Sok banget yah saya mau bagi resep padahal baru juga tau cara buatnya😆.

Tapi not’s a problem soalnya ini merupakan dokumentasi yang akan mengingatkanku dalam proses belajar memasak guys. Entar yah saya akan share tulisan bagaimana saya bisa masak😊.

To the point aja yah. Bubur Barobbo’ ini bahan bakunya adalah jagung biasanya sih jagung putih (jagung tepung) tapi jagung kuning (jagung manis) juga bisa koq.

Hal yang harus disiapkan

  1. Niat😆
  2. 10 buah Jagung (jagung putih lebih baik)
  3. 1 genggam beras (menambah kekentalan)
  4. 1/4 buah labu kuning (potong-potong)
  5. Seikat sayur bayam (potong-potong)
  6. 2 ekor Ikan bakar di suir *ikan sesuai selera pilih yang tidak memiliki tulang yang banyak*
  7. 1 batang serei (geprek)
  8. 1 siung bawang putih (geprek)
  9. 500 ml santan (coconutmilk)
  10. 1/2 sendok teh merica (sesuaikan selera)
  11. 1 sendok teh penyedap masakan (kalau saya pakai 2 bungkus masako)
  12. 1 sendok garam
  13. Air secukupnya


Bumbu tumis:

  1. 5 siung Bawang merah
  2. 3 siung Bawang putih
  3. 3 batang serei
  4. 2 sendok makan Minyak goreng
  5. Kacang tanah yang sudah di goreng/ kemiri secukupnya.

Semua bahan bumbu dihaluskan semua kemudian di tumis sampai harum

Cara membuat :

Serut jagung yang ada masukkan bersama beras tambahkan 1 batang serei dan bawang putih yang sudah di geprek kedalam panci beri air secukupnya kemudian masak sampai mendidih jangan lupa di aduk supaya tidak gosong di bagian bawahnya, biarkan beberapa lama sampai jagung dan berasnya masak tambahkan labu dan suiran ikan biarkan mendidih sampai labunya masak kemudian masukkan bumbu yang sudah di tumis aduk rata tambahkan penyedap masakan dan beri sedikit garam. kemudian masukkan sayur bayam yang sudah dipotong-potong aduk koreksi rasa *setelah bayam di masukkan dan sudah dirasa pas matikan kompor. Barobbo siap di sajikan.

Ini hasilnya (buatan saya😍😍). Alhamdulillah pak suami suka.

Selamat mencoba guys😉

Jagung putih biasanya kami sebut jagung punu’ (bahasa daerah Makassar) sekarang sudah mulai jarang banget kita dapatkan karena pak tani sekarang lebih pilih menanam jagung hybrida yang harga jualnya jauh lebih bagus dibandingkan jagung putih ini.

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba saling membahagiakan

Continue reading “Bubur Barobbo’ (Makanan khas Sulawesi Selatan)”

Akhirnya kumenemukanmu

Credit by pinterest

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di solilokui. Ayo, bersolilokui yuk!! Kali ini saya akan menuliskan tantangan Blogger perempuan. Challangenya yaitu Year in review blog challenge. Sebelumnya saya sudah mengikuti challenge dari Blogger perempuan yang BPN30dayschallenge dan saya sangaat berterimakasih karena dari challenge ini saya bisa konsisten One day one post walaupun sempat keteran sih, hehehe namun sangat mengasyikkan. Kali ini saya akan mereview blog saya.

Awal saya ngeblog cuman ikut-ikutan sama teman aja, kayak keren gitu punya blog bisa nerbitin tulisan sendiri. Sejak 2014 saya memiliki blog namun saya tidak mengelolahnya dengan baik, bahkan seingat saya tulisannya cuman 2 postingan deh. Seiring berjalannya waktu kesibukan sudah mulai bertambah dan kurang pandai memanfaatkan waktu luang jadilah blog itu terbengkalai. Mungkin karena niat awalnya kurang baik kali ya. Pada akhirnya di tahun 2016 saya buat blog lagi dan berniat untuk menseriusinya betul-betul serius. Namun, lagi dan lagi aku mengacukannya baru nulis kalau memang mau nulis. Kalian bisa lihat postingan saya di tahun 2016 sedikit sekali. Dan bagaiman saya sampai di tahun 2017 yang membuat saya bersemangat lagi menulis di blog? Saya menemukan blog mbak Dewinaisyah. Merasa keren banget tulisan-tulisannya. Saya kagum pada beliau karena di tengah kesibukannya jadi mahasiswi + istri + ibuk merantau pula’ masih sempat gitu bagi ilmunya lewat tulisan. Dan saya? Sibuk apa? Hmm? Jadilah saya kembali menulis di blog.

Kemudian di tahun 2017 saya memutuskan untuk menerima lamaran dari seseorang yang sekarang jadi suami saya. Karena pak suami kerjaannya di kampungnya dia jadilah saya ngikut berdomisili di sini tempat kami tinggal sekarang. Setelah jadi istri saya niatnya cari kerjaan di luar namun, ternyata belum dapat juga entah karena faktor apa. Do’ain ya teman-teman semoga bisa dapat kerjaan yang cocok. Lanjut cerita semangat menulis di blog kembali luruh padahal nih ya saya kan gak ada kerjaan di luar rumah cuman dirumah aja jadi pasti banyak waktu untuk menulis, namun saya kena sindrom malas kali yah saya gak menulis. Padahal sahabat saya sudah nyaranin dari pada gak ada kerjaan lain mending kamu Nulis deh. Tetap saja saya tidak langsung menulis. Daan saya bertemu dengan Blogger perempuan 2018 disinilah saya mulai semangat menulis kembali apalagi nih ya dari challange BPN30DAYSCHALLENGE kemarin saya belajar banyak dari antusias teman-teman untuk menulis di blog. Saya merasa koq bisa yah saya malas-malasan gini padahal banyak banget waktu yang bisa saya manfaatin untuk menulis sedangkan teman-teman Blogger perempuan yang kesibukannya bejibun malah di tambah mengasuh anak masih tetap bisa produktif menulis di blog? Tertohok bangeet. Dari sini saya menemukan Manfaat saat menulis yaitu saya merasa lebih bahagia karena bisa mengeluarkan isi pikiran dan dari Blogger perempuan saya menemukan orang-orang yang sama- sama ingin berbagi kebaikan.

Terimakasih Blogger perempuan telah mempertemukanku dengan perempuan-perempuan hebat di luar sana. Tahun ini merupakan pencarianku tentang blogger terjawab. Dan bulan ini postinganku meningkat. Sampai saya bahagia banget pas dapat ini

Ternyata saya bisa menulis sampai 20 postingan. Dan sekarang sudah lebih 20 paatinya.

Semoga kedepannya saya bisa lebih konsisten dalam menulis dan berbagi manfaat.

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba dalam kebaikan

Perempuan di Titik Nol #Review Buku

Judul Buku : Perempuan di Titik Nol

Penulis : Nawal El Saadawi

Penerjemah : Amir Sutaarga

Tahun Terbit : 1989/2018

Jumlah Halaman : 176 Halaman

Perempuan berasal dari kata “empu” yang penuh dengan pengertian, penuh kehormatan dan kesaktian. Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa perempuan hanyalah pelayan buat kaum lelaki. Pelampiasan nafsu birahi semata. Buku ini menguak fakta yang banyak ditutupi padahal sudah jelas terlihat di Masyarakat. Novel ini berdasar dari kisah nyata dari balik penjara Firdaus menceritakan cerita lika liku kehidupannya. Dari sejak kecilnya di desa hingga menjadi pelacur kelas atas di Kairo. Sampai akhirnya ia dijatuhi hukuman gantung yang disambutnya dengan gembira, bahkan dia menolak grasi kepada presiden untuk meringankan hukumannya yang diusulkan oleh domter penjara. Menurutnya ini merupakan satu-satunya jalan menuju kebenaran sejati.

Dari kisah Firdaus ini, membuka mata dan fikiran kita terhadap realita kehidupan. Kebobrokan orang yang memuji dirinya dan yang sering kali di elu-elukan masyarakat. Yang senantiasa menjaga wibawa mereka seolah apa yang dilakukan adalah untuk masyarakat padahal semua hanya untuk diri mereka sendiri. Firdaus pun memperlihatkan bagaimana kita harus pandai memilih apalagi dalam persoalan perasaan. Jangan terlalu mudah percaya rayuan gombal yang hanya di lontarkan sebatas di mulut. “Kau tidak akan memperoleh apa-apa dari perasaan kecuali rasa sakit (hal 91)”. Sebagai seorang perempuan pandai-pandailah mengolah perasaan jangan mau terperdaya oleh bualan semata. Gunakan akal pikiran kalian. Kisah cinta tak selamanya berjalan indah seperti kisah Fiktif.

“Semua perempuan adalah korban penipuan. Lelaki memaksakan penipuan pada perempuan dan kemudian menghukum mereka karena telah tertipu, menindas mereka ketingkat terbawah dan menghukum mereka karena telah begitu rendah, mengikat mereka dalam perkawinan dan menghukum mereka dengan kerja kasar sepanjang umur mereka, atau menghantam mereka dengan penghinaan atau dengan pukulan (hal 142)”.

Namun jika baca buku ini harus pandai memfilter yah. Jadilah pembaca yang cerdas.😉

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba dalam kebaikan

The Nine Golden Habit 9 Kebiasaan Emas Bekal Meraih Keberuntungan Besar (Syurga) #ReviewBuku

Judul buku : The nine golden habit

Penyusun : Zaini Munir Fadloli (Wakil Ketua Majelish Tablilgh PP Muhammadiyah)

Penerbit : Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah

Tahun terbit : 2013

Jumlah halaman : 40 halaman

Karakter seseorang terbentuk dari kebiasaannya. Buku The Nine Golden Habit 9 Kebiasaan Emas meraih keberuntungan surga ini merupakan buku serial tuntunan islam yang diterbitkan oleh Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk mendukung terciptanya tujuan muhammadiyah yaitu menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa ke0ada-Nya dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam leadaan beragama islam” (QS. Ali Imran :102).

Ini merupakan landasan buat kita agar senantiasa membangun kebiasaan-kebiasaan yang berdasar pada Al Qur’an dan As-Sunnah.

Hadits dari Aisyah radiallahu’anhu bahwa dia berkata ; Nabi sallallahu alaihi Wasallam pernah ditanya “Amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Dia menjawab; yang dikerjakan terus menerus walaupun sedikit, lalu beliau bersabda : ‘Beramallah sesuai kemampuan kalian’ (HR. Bukhari).

Sembilan kebiasaan Emas yang disusun dalam buku ini yaitu

  1. Kebiasaan emas pertama SHALAT
  2. Kebiasaan emas kedua PUASA Sunnah (3 hari sebulan, senin-kamis atau seperti puasa nabi Daud)
  3. Kebiasaan emas ketiga ZIS (Zakat, Infaq, Sedekah)
  4. Kebiasaan emas keempat TADARUS AL QUR’AN (1 juz/hari)
  5. Kebiasaan emas keLima Adab Islami
  6. Kebiasaan Emas keEnam MEMBACA (minimal 1 jam/hari)
  7. Kebiasaan emas keTujuh MENGAJI (Minimal seminggu sekali)
  8. Kebiasaan Emas keDelapan BERJAMAAH dAn BERORGANISASI
  9. Kebiasaan emas keSembilan BERPIKIRAN POSITIF.

Setiap Kebiasaan Emas ini dijelaskan dalam buku ini beserta dalil yang jelas sanadnya.

Mari kita membangun kebiasaan baik untuk membangun karakter diri yang baik pula. Selamat membiasakan.

Jika ada yang anti Muhammadiyah, Marilah kawan cerdas dalam berpikir. Ambil hal yang positif. Jika ada yang kurang baik di Muhammadiyah jangan kalian pelihara dan menjadikan itu landasan kalian untuk tidak pro terhadap Muhammadiyah. Cobalah untuk berpositif thinking😉.

Buku ini tidak akan kalian temukan di gramedia atau toko buku lainnya yah guys. Saya dapat buku ini pembagian di organisasi kemahasiswaan yang di naungi muhammadiyah yaitu IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH.

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba dalam kebaikan

Ibuk pulang duluan (HAPPY MOTHERS DAY)

Credit by canva

Happy mothers day. Selamat hari ibu buat ibuk-ibuk setrong di luar sana dan buat calon ibuk yang sedang berikhtiar untuk kehadiran seseorang yang akan melahirkannya menjadi ibuk.

Saya akan bercerita tentang kebersamaanku bersama sebelum ibuk pulang duluan.

Sebelum senja kami sering duduk berdua diteras rumah, entah kami ngobrolin semua hal. Curhat, ngegosip dan sering merancang masa depan. Hehehe. Ibuk mempunyai mimpi untuk anak semata wayangnya. Kelak kamu jadilah bermanfaat untuk masyarakat. Belajar yang bener, kita memang bukan orang kaya, bapakmu seorang petani dan saya hanya ibu rumah tangga. Namun, ibuk percaya jika kamu rajin belajar dan mau sekolah tinggi kamu pasti bisa. Selama kita punya kemauan dan ikhtiar. InsyaAllah kamu punya jalan ke sana. Ibuk dan bapak akan berusaha agar kamu bisa lebih baik dari ibuk dan bapak nak. Inilah sekilas percakapan kami sampai senja datang mengiringi keindahan impian kita.

Namun, maafkan ibuk nak. Hanya do’a ibuk yang bisa selalu menemani langkahmu karena ibuk harus pulang duluan.

Setelah saya masuk kelas 7 sekolah menengah pertama ibuk pulang terlebih dahulu. Meninggalkanku dan menantikanku di rumah, tempat semua orang akan kembali pulang.

Walaupun ibuk pulang duluan. Namun, semangat ibuk selalu terpatri dalam hati saya untuk terus berjuang dan menemani setiap langkah yang terkadang tersandung, terjatuh dan tergores kemudian berdiri kembali untuk berjalan menapak perjalanan menuju rumah tempat kita pulang.

Saya paling ingat waktu belajar puasa, di saat ke tempat perbelanjaan yang membutuhkan tenaga lebih pasti ibuk ngizinin untuk minum dan makan hehehe. Ibuk gak tegaan sama anaknya nih.

Sampai disini saja yah ceritanya, mari kita do’akan ibuk orang tua kita semua setiap hari jangan cuman hari ini yah.

Target bloging 2019

Alhamdulillahirabbilalamin…

Wah. Gak nyangka bisa ngikutin challange dari Blogger perempuan sampai hari terakhir ini. Walaupun kebanyakan rasa malas-malasan yang ngikutin, namun ternyata bisa sampai disini juga. Hadiah dari challenge ini sudah saya dapatkan secara pribadi yaitu bisa merasakan kebahagiaan saat menulis dan belajar menulis hal lebih bermanfaat buat orang lain terlebih manfaat untuk diri kita. Setiap selesai menuliskan satu tema, ada rasa bahagia yang kurasakan walaupun tulisan saya jauh dari kata sempurna. Semoga tahun 2019 target untuk blogging bisa tercapai yaitu:

Pertama, Konsisten.

Merawat dan menumbuhkan sesuatu itu butuh kesabaran dan proses yang panjang. Karena dari proses itulah kita mendapatkan banyak pembelajaran. Target bloging saya tahun 2019 semoga bisa konsisten dalam menulis di blog. Seperti yang telah saya lalui challenge dari blogger perempuan ini. Ternyata jika ada kemauan dan menyingkirkan jauh-jauh rasa malas itu kita bisa melakukannya. Fighting Riska.

Kedua, giat dalam mengikuti challange atau acara terkait blogging.

Ketiga, ini yang paling penting dan utama yaitu menjalin relasi antar blogger. Seperti yang saya dapatkan selama mengupdate challenge dari blogger perempuan ini. Kami blogger yang mengikutibya seringkali bertegur sapa. Saling follow dan semoga ini awal untuk memperlancar aktifitas bloging kita. Amiin. Do’akan ya teman-teman. Kita saling mendo’akan.

Situs yang sering dikunjungi

1. Google

Sekarang itu kalau tidak tahu suatu hal pasti bertanya keGoogle. Iyakan? Siapa yang sama dengan saya ayo. Sampai-sampai ada yang bilang sekarang yang menjadi landasan referensi itu google.

Namun tidak semua yang ada di google sumbernya bisa dipercaya, apalagi masalah ilmiah. Kita harus lebih teliti terkait hal itu. Kalau mau mencari jurnal ilmiah kita harus mengambilnya dari situs resmi.

2. Instagram

Situs yang satu ini terkadang bikin lupa waktu. Iya, klu sudah didalam pasti sudah kemana-mana. Karena diinstagram banyak hal positif yang bermanfaat. Tergantung kitanya sih. Salah satunya kita bisa belajar tentang parenting, seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya.

3. Facebook

Ini media sosial pertama yang saya miliki dan sampai sekarang masih tetap setia membersamai. Dulu akun ini saya gunakan untuk curhat, ngeluh dan untuk menyimpan kenangan. Sekarang saya manfaatkan untuk promosiin barang yang saya jual. Silahka berkunjung di sini.

4. Twitter

Hal yang saya suka dari twitter adalah tulisan terbatas jumlah maximal, yang melatih kita untuk to the point. Tidak bertele-tele jika ingin menyampaikan sesuatu.

5. Www.wikipedia.org

Wikipedia ini sering sekali kita temukan dalam pencarian digoogle. Hampir semua yang ingin kita ketahui masalah ilmiah ada diwikipedia. Wikipedia merupakan sebuah situs web yang berisikan berbagai macam artikel ilmiah yang bisa di akses secara bebas bahkan bisa disunting. Jadi jika hanya untuk sekedar tahu ilmunya bisa mencari di wikipedia namun untuk dijadikan referensi karya ilmiah saya tidak menyarankan.

Situs belanja online

Credit by canva

Belanja. Siapa sih tidak suka? Apalagi belanja online. Kelebihan dari belanja online adalah kita dapat menemukan barang yang kita butuhkan tanpa harus berdesak-desakan dan panas-panasan. Namun kekurangannya kita tidak bisa melihat, memegang dan mencoba langsung barangnya. Jadi, jika mau belanja online harus teliti dalam memilih situs yang akan kita gunakan untuk transaksi karena saya pernah transaksi via B*M dan ternyata barangnya tidak sampai-sampai kemudian saya cari dia dikontak pertemanan ternyata menghilang kontaknya. Jadi perlu hati-hati ya. Dari pengalaman ini saya mulai selektif dalam memilih situs untuk transaksi.

1. Mininos_id (ig)

Mininos_id ini saya kenal dari teman yang sudah pesan, jadi sudah tidak diragukan lagi masalah kualitasnya. Mininos_id menyediakan gamis/dress yang harganya terjangkau buat kantong mahasiswa. Harganya sesuai dengan harganya. Model dari dressnya itu uptudate dan olshop yang satu ini memposting gambar dressnya bukan referensi jadi 100% real pict. Mininos_id juga bisa ditemukan di shopee, situs belanja online yang terpercaya. Jadi belanja di mininos_id gak usah takut ketipu deh.

2. Shopee

Shopee merupakan olshop yang terpercaya dan seringkali menawarkan gratis ongkir. Namun jika belanja di shopee kadang gambar yang ada itu cuman gambar referensi jadi bukan gambar aslinya. Jadi kita harus jeli dalam memilih barang yang akan kita beli.

3. Desain lama (Ig)

Desain lama ini menyediakan tas brand import kualitas premium. Saya paling suka belanja tas disini karena kualitasnya bagus dan realpict. Adminnya juga enak ditemani chatting, fast respon.

4. Ciwi-ciwi shop (ig)

Saya belanja di Ciwi-ciwi shop jika butuh tas dengan harga miring banget kualitas standar dan brand lokal. Bukan import.

5. Www.berdikaribook.com

Berhubung karena domisili saya sekarang toko buku dan perpustakaan sulit di temukan bahkan tidak ada. Berdikaribook menyedikan buku yang original dan bisa dapat potongan harga sampai gratis ongkos kirim. Rekomend banget buat yang tinggal di daerah-daerah yang terkadang ongkos kirim lebih mahal dari barang. Ini solusi banget buat pecinta buku.

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba saling membahagiakan

Bahagia, sesederhana ini koq

Kalau saya sih, bisa bahagia dengan hal yang sederhana ini.

1. Berduaan dengan suami

Hehehe, merasa malu bahas yang ini. Maklum yah kami kan baru 1 tahun menikah nih jadi pengennya berduaan mulu’. Berduaan buka berarti hal itu mulu yah. Jangan salah paham dulu pemirsa. Saya bahkan nonton drakor berua, makan berdua apalagi kalau sampai dibawa keluar jalan berdua itu saya sudah bahagia bangeet.

2. Ngumpul bareng sahabat

Sekarang sahabat-sahabat saya sudah punya hidup masing-masing. Beda saat saya masih bergelut di kemahasiswaan pasti setiap hari kami bersama. Suka, duka, nangis sampai tidurpun sama. Namun, sekarang sudah jauh. Saya selalu merasa bahagia saat ngumpul sama kalian sahabat-sahabatku.

3. Nongkrong diperpustakaan

Terkadang nih, kalau lagi boring atau lagi gak ada kerjaan. Berkunjung keperpustakaan atau toko buku itu hal yang menyenangkan, apalagi jika tak aa orang bisa temani keluar untuk jalan. Perpustakaanlah tempat yang tepat untuk saya kunjungi.

4. Main hujan

Pasti banyak yang mengatakan koq main hujan, kamukan sudah dewasa begitu?. Terutama nih pak suami dan bapak saya sering kali menegur jika saya ingin keluar main hujan “kamu kayak anak kecil aja”. Namun bermain hujan itu seruuuuuu sekaliiiiii. Menikmati setiap rintiknya. Merasakan kebahagiaan yang di bawanya. Hujan itu anugerah terindah dari Tuhan.

5. Menulis

Kebahagiaan saat menulis ini selalu saya dapatkan saat sedang menulis. Apapun itu, apalagi jika menulis curhatan hehe. Saat menulis, pikiran itu menjadi lebih rileks, lebih santai karena semua isi pikiran sudah kita tuangkan lewat tulisan. Pokoknya menyenangkan, coba deh rasakan sendiri.

Salam Fastabiqul khairat

Berlomba saling membahagiakan